PULAU SEMANGKI KECIL

PULAU SEMANGKI KECIL

Kota Painan.

 Kota Painan di waktu malam

Painan,adalah sebuah kota kecil di selatan Propinsi Sumatera Barat.Kota Painan juga merupakan ibukota dari Kabupaten Pesisir Selatan.Saat sekarang Kota Painan identik dengan Nagari Painan.Karena Kota Painan keseluruhannya termasuk wilayah Nagari Painan.Hal ini terjadi sejak adanya Perda Propinsi Sumatera Barat yang mengatakan bahwa pemerintahan terendah Di Sumatera barat adalah Nagari.
Sebelum kembali ke Nagari,
Kota Painan terbagi atas tiga kenagarian yaitu Nagari Painan, Nagari Painan Timur dan Nagari Painan Selatan.Masing-masing Nagari dipimpin oleh seorangWali Nagari
Secara administratif Kota Painan termasuk kedalam Nagari Painan,Kecamatan IV Jurai,Kabupaten Pesisir Selatan.
Kota Painan berpenduduk lebih kurang 15 ribu jiwa.Dengan berbagai profesi antara lain:Pegawai Negeri Sipil,Nelayan,Pedagang dan Petani.
Kota Painan dikelilingi oleh bukit dan laut yaitu disebelah utara berdiri bukit Kambing dengan ketinggian kira-kira 100 m,di timur bukit barisan/Taman Nasional Kerinci Seblat(TNKS),di barat ada bukit Langkisau dan diselatan teluk Painan/Samudera Indonesia.
Kota Painan juga dilalui oleh sebuah Sungai yaitu sungai batang pinang gadang atau lebih dikenal dengan batang Painan.
Painan yang terdiri dari perpaduan antara perbukitan dan Pantai memiliki alam yang indah,diantaranya yang dijadikan sebagai tempat wisata adalah: Pantai Carocok Painan,pantai ini terletak disebelah barat kota Painan,berjara kira-kira dua kilometer dari pusat kota.Pantai ini memiliki pemandangan yang indah,dipantai ini telah dibangun jembatan wisata yang menghubungkan pantai carocok dengan pulau batu kareta.Obyek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.
Bukit Langkisau,Bukit ini baru sekitar tiga tahunan dibuka sebagai obyek wisata,yaitu sejak dibangunnya jalan menuju puncak bukit Langkisau ini.Pemandangan di Puncak Bukit Langkisau ini sangat indah,Kota Painan,Nagari salido Dan beberapa buah pulau kecil di sekitar perairan Painan akan terlihat jelas dari puncak Bukit ini.Belakangan Bukit langkisau ini semakin terkenal ke seantero Indonesia dan dunia karena dibukit ini sangat cocok untuk olah raga paralayang.Maka makin hari makin banyak saja orang yang datang kebukit langkisau untuk terbang layang baik lokal ataupun turis mancanegara.Salah satu artis yang paling sering datang ke bukit langkisau untuk main paralayang adalah Bucek Deep.
Air Terjun Timbulun,Air terjun ini terletak di Timur kota Painan berjarak kira-kira tiga kilometer dari pusat kota.Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda.Tingkat pertama kira-kira setinggi 17 meter,ditempat ini bisa tempat mandi,karena ada kolamnya.Tingkat kedua kira-kira25 meter,air terjun ini melandai,sangat indah,ditingkat ketiga ketinggiannya kira-kira 12 meter dan tingkat keempat air terjunnya berdiri tegak kira-kira 10 meter.
Dahulunya sebelum Sumatera tengah dibagi menjadi tiga propinsi menjadi Sumatera Barat,Riau dan Jambi.Painan juga menjadi Ibukota Kabupaten Pesisir selatan/Kerinci (PSK).
Disamping itu Kota Painan juga memiliki dua buah Gedung Olah Raga yaitu GOR Ilyas Yakob di Rawang dan GOR Zaini Zein di Pincuran Boga.
Juga memiliki Beberapa buah Peninggalan sejarah diantaranya Rumah Demang di Jalan Ilyas Yakob,Kantor Kodim dan Benteng Portugis di Pulau Cingkuk.
Painan juga memiliki empat buah Taman Kanak-kanak dan dua Play Group.
Memiliki 9 Sekolah Dasar,2 Sekolah lanjutan pertama,1 SMU,1 SMK dan 1 Sekolah Tinggi.
Sebagian besar penduduk Kota Painan adalah suku bangsa Minangkabau,99% penduduknya beragama islam.
Makanan khas dari Painan ialah palai bada dan rakik maco.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KOTA PAINAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger