Menelusuri Peninggalan Belanda Di Salido Kecil.


Pernah dengar nama Salido Kecil?,jika orang senang dengan tambang emas mungkin sangat akrab dengan daerah ini.Daerah ini dikenal dengan tambang emasnya.Daerah ini termasuk dalam Kenagarian Tambang,Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.
Disini terdapat peninggalan Belanda yaitu berupa Bangunan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).Dahulu peninggalan belanda ini sering dijadikan obyek wisata untuk mandi-mandi.Tapi sekarang kurang diminati oleh wisatawan,kebanyakan orang datang ke Salido Kecil saat ini adalah untuk melihat-lihat dari dekat bekas-bekas bangunan yang dibuat oleh Bangsa Belanda dahulu.

 
Di Salido kecil ini anda dapat melihat,Bangunan PLTA,jenjang yang anak tangganya kira-kira 150 buah menyusuri Pipa air yang menyalurkan air ke PLTA.Serta terowongan dan jembatan Air yang melewati lembah dan bukit untuk menyalurkan air untuk PLTA salido kecil.
Serta Sungai Salido Kecil yang deras.
beranjak ke bawah nya ke Nagari tambang anda dapat melihat bekas-bekas tambang emas bekas tambang belanda yang kabarnya panjang lubang tambang itu telah mencapai daerah Batang Kapas.berjarak kira-kira 28 Km dari nagari tambang ini.
Dahulu PLTA Salido Kecil ini digunakan oleh Belanda untuk menyuplai tenaga Listrik Pabrik Semen Indarung.Maka sepanjang bukit barisan antara salido Kecil dan Indarung banyak terdapat tiang-tiang listrik yang oleh masyarakat sekitar Salido kecil dan Bayang disebut Filla.
Dahulu ketika belanda akan meninggalkan Salido Kecil karena kalah perang dari jepang.Tentara Belanda banyak menjadikan filla-filla ini sebagai tempat menyembunyikan emas dengan cara menguburnya di sekitar filla.
mengetahui hal ini tidak sedikit penduduk sekitar yang membongkar filla-filla tersebut, baik untuk mencari emas atau sekedar mengambil besinya sebagai bahan jembatan gantung.
Sekarang filla-filla tersebut sudah tidak ditemukan lagi.

Comments

yuki satria said…
mantap.......!!!
photo nya bagus ya...