Pantai Teluk Kasai


Pantai berpasir putih dan berombak tenang ini namanya memang sudah sanagat dikenal di sumatera barat,namun kebanyakan orang hanya kenal nama,tanpa tahu dimana letaknya.
Pantai teluk kasai ini terletak di kampung Teluk Kasai kenagarian IV koto Hilir Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.
Pantai indah berpasir putih ini sangat cocok unutk bermain air,pantainya yang bersih dan berombak kecil ini merupakan keindahan alam tersendidir yang tidak ada duanya.
Jika cuaca cerah memandang sunset yang akan tengelam sangat bagus di pantai ini karena dari pantai ini pemandangan lepas kelaut sampai batas cakrawala.Jadi sunset akan terlihat sangat jelas dari pantai Teluk Kasai ini.
Pada masa hidupnya raja Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX,setiap ada kunjungannya ke Sumatera Barat,beliau selalu menyempatkan diri untuk pergi mandi air laut ke Teluk Kasai ini,entah karena apa?mungkin pantai yang indah ini punya kenangan tersendiri bagi beliau?.
Di Pantai Teluk Kasai ini juga terdapat sebuah bukit batu yang oleh penduduk sekitar disebut Gunung Gadang (gunung besar) jika kita lihat ukuran besarnya bukit tersebut rasanya tidak lah pantas itu disebut sebuah gunung apalagi besarnya yang tidak seberapa.
Tapi menurut penduduk sekitar di bukit batu itu menyimpan harta karun,pada bukit batu itu terdapat sarang burung wallet yang dihuni oleh ribuan burung wallet,sampai sekarang belum seorangpun yang mampu untuk mengambilnya.Berbagai mitos beredar dimasyarakat tentang bukit batu itu ,ada yang mengatakan sarang burung wallet itu baru dapat di panen jika seseorang mampu menyediakan tumbal untuk penunggu bukit batu tersebut.Tidak sedikit pula orang pintar yang ingin menjajal keangkeran bukit batu (gunung gadang) tersebut.konon menurut peduduk sekitar ada yang datang dari Aceh,Jawa dan bahkan dari Bugis Makassar.Akan tetapi sampai saat sekarang harta karun yang berupa sarang burung wallet itu belum juga terangkat keluar.
Akan tetapi cerita tentang bukit batu itu makin melambungkan nama Teluk Kasai ke seluruh nusantara,akan tetapi cerita tentang adanya gua di bukit batu itu entah iya entah tidak,karena sampai saat sekarang orang sekitar Teluk Kasai tidak pernah menemukan dimana pintunya.
Nah jika anda ingin berpergian untuk menikmati kenindahan pantai Teluk Kasai,anda dapat capai dengan kenderaan roda dua atau roda empat.
Jika anda dari Padang,anda tuju kota Painan terus ke Batang Kapas,sesampai di Pasar lama Batang Kapas anda belok kanan(ada Papan Nama SMU Batang Kapas) menuju kampong anakan,sesampai dekat SMU Batang Kapas anda belok kanan terus menuju Kampung Teluk Kasai,dari sini sekitar tiga kilometer lagi anda akan sampai di kampong teluk Kasai.
Nah,selamat berwisata ke Pantai Teluk Kasai.

Comments