Di Air Terjun Timbulun Painan.


Air terjun Timbulun

Kota kecil Painan selain memiliki objek wisata pantai carocok dan bukit langkisau juga memiliki sebuah air terjun yang indah yaitu air terjun Timbulun.
Air Terjun Timbulun ini terletak di kampung Painan Timur,Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan,jaraknya kira-kira 3 km dari pusat kota Painan.
Air Terjun Timbulun ini memiliki keindahan tersendiri,air terjunnya yang terdiri dari beberapa tingkat ini memiliki bentuk air terjun dan lubuk yang berbeda-beda.
Pada air terjun tingkat pertama,yaitu air terjun yang pertama kali kita jumpai begitu kita sampai di lokasi Timbulun,disini didapati sebuah lubuk yang agak besar yang bagus untuk mandi,lubuk disini makin ketengah makin dalam.
Pada Air terjun tingkat kedua,air terjun ini agak melandai,air terjunnya bergemuruh diselah-selah bebatuan,pada tempat jatuhnya air ada lubuk yang indah yang seluruh tebing dan dasar lubuknya terdiri dari batu yang dibentuk oleh alam,Lubuk Air Terjun Timbulun tingkat kedua inilah yang paling indah untuk mandi-mandi.
Bertambah naik lagi kita keatas,ke air terjun Timbulun tingkat ketiga,air terjun ini tegak vertikal kira-kira 15 meter,juga mempunyai lubuk yang dalam,air disini agak kehijauan
Pertanda lubuk tersebut dalam,disini jarang orang yang mandi-mandi dikarenakan letaknya yang agak jauh dan untuk mencapai tempat ini harus menyeberangi aliran air terjun yang cukup deras.Juga pada air terjun ketiga ini hutan disekitarnya masih lebat dan kurang cahya matahari karena tertutup rimbunnya daun kayu yang tumbuh di sekitarnya.
Walau Air terjun Timbulun tingkat ketiga ini termasuk jarang di kunjungi orang tetapi air terjun ini memeliki pesona tersendiri dibandingkan dengan air terjun Timbulun tingkat pertama atau kedua,karena jika kita berada disini tidak ada yang tidak basah,hal ini disebabkan oleh gemercik air yang membias dari air terjun ini.
Dengan adanya gemercik air dari air terjun ini jika matahari bersinar terik,sinarnya yang berhasil menembus celah-celah rimbunya dedaunan akan menciptakan sebuah nuansa keindahan pelangi di air terjun Timbulun tingkat ketiga ini.
Air terjun indah yang berair sangat sejuk ini hulunya berada di areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara ke samudera Indonesia atau di teluk Painan.

0 komentar: