Keindahan Teluk Mande

Tak disangka di sebelah selatan Propinsi sumatera barat terdapat sebuah kawasan yang tak tertandingi keindahannya yaitu sebuah kawasan yang bernama Mande



Pada hari minggu tanggal 19 Juli 2009 kita mencoba menyusuri kawasan indah tersebut.Berangkat dari kampung Carocok Tarusan terus menuju desa Mande.Di perjalanan ini dapat kita saksikan peanorama indah teluk mande yang mirip seperti sebuah danau besar.Jalannya yang berliku-liku sebenarnya merupakan suatu pemandangan tersendiri.

Disini pemandangan tertuju pada panorama laut,pelabuhan carocok tarusan serta dari kejauhan nampak pulau cubadak dengan deretan cottage-cottagenya.


Memasuki Desa Mande,kita menjumpai sebuah desa nelayan yang disekelilingnya ditumbuhi hutan bakau yang masih terjaga keasriannya.

Terus lagi ke utara menuju desa Sungai Nyalo,jalan menuju desa ini cukup bagus,disepanjang perjalanan kita sisuguhi pemandangan Laut yang indah dari berbagai tempat memandang,lokasi ini sangat bagus bagi yang hobby fotografi,Disini kita sangat leluasa untuk memotret panorama laut teluk mande.


Setelah dari Sungai Nyalo kita terus ke Sungai Pinang,jalan menuju Sungai Pinang ini kurang begitu baik,banyak kerikil jalan yang lepas,jadi jika anda melewatinya dengan mobil sebaiknya dengan mobil yang siap untuk off road,dan jika dengan kenderaan roda dua harus yang telah disiapkan untuk medan yang berat.

Dari Sungai Pinang ini kita teruskan ke Sungai Pisang,jalan menuju daerah ini relative baik,daerah Sungai pisang dan keluar di teluk kabung Bungus,kodya padang.


Nah siap menantang medan berat kawasan Mande? Nikmatilah Keindahan yang disuguhi oleh alamnya. (Basriandi Abbas)

1 komentar:

Unknown said...

saya mau bertanya, jalan darat masuk ke pantai mandeh ini dari mana uda?
apakah kita masuk ke cerocok tarusan? tempat nelayan bongkar ikan itu da?
tolong informasinya uda? terima kasih