PALAI BADA Oleh-oleh Khas PAINAN


Apa ya,oleh-oleh khas dari Painan?
Seringkali orang bertanya tentang buah tangan dari Kota Painan.Biasanya setiap orang yang datang ke Painan selalu minta dibawahkan ikan teri (Bada,bahasa pesisirnya) karena letak Painan yang ditepi laut.
Ada nggak makanan khasnya? Seperti Dodol kalau di garut sana.Atau seperti Mpek-mpek dari Palembang.Tanya seorang turis dari belanda suatu hari.
Sang guidenya nggak bisa jawab.Kemudian lewat orang jualan ‘PALAI BADA’.Sang turis tanya apa itu? Dia ingin mencicipi.
mmm……. lezat katanya sambil menambah lima buah lagi.Ini dia yang caya cari.(sibule makan palai bada).
Jika anda datang ke Kota Painan.Anda dapat menjadikan Palai Bada ini sebagai oleh-oleh,(yakin hanya painan yang punya).soalnya setiap penulis akan ke Bukittinggi selalu saja ada yang minta dibawakan palai bada ini.
Apa itu palai bada?Makanan apa itu?
Palai Bada adalah sebuah makanan tradisional masyarakat pesisir Selatan atau Painan,terbuat dari campuran ikan teri,kelapa parut,cabe dan bumbu-bumbu lainnya.setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara tempurung.Tidak memakai penyedap rasa dan lain-lainnya yang berbau kimia.betul-betul alami.Bagi orang Painan biasanya Palai Bada ini dijadikan sambal sebagai teman makan nasi.
Dimana para wisatawan bisa mendapatkan Palai bada ini?
Sebetulnya orang yang menjual palai bada ini banyak,tapi karena dijualkan dengan cara berpindah(mobile) maka susah juga untuk mencarinya.Tapi yang tetap adalah di Pasar Inpres Painan.Tanya aja sama orang, Mana ‘Palai Bada’ Ibuk Nur.Saya rekomendasikan ini bukan bermaksud untuk iklan,beliau saja tidak kenal dengan saya.Tapi karena Palai Bada beliaulah yang mungkin paling mengena diselera saya.

1 komentar:

Unknown said...

Palai bada enak di makan sama nasi hangat